Tips mencegah Flu di musim hujan

Setelah hampir setahun dilanda kering berkepanjangan, akhirnya hujan turun lagi di Jakarta. Dengan suhu yang kerap berubah drastis di musim hujan, muncullah penyakit mengganggu bernama flu. Jika tidak ingin izin kantor lagi atau jadwal kencan yang dinanti-nanti dengan gebetan  batal, baca tips-tips di bawah ini.
 
Zzzzzz…. = No Flu
Faktanya, waktu tidur yang cukup dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh yang sehat. Tak hanya membantu Anda tetap terjaga sepanjang hari, tidur yang cukup juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Tidurlah setidaknya 7-8 jam setiap malam.
 
More Vitamins
Mengkonsumsi vitamin C setiap hari akan membantu mencegah flu. Jadi sebaiknya Anda mulai menyediakan banyak buah dan sayuran di rumah. Selain vitamin C, konsumsilah juga multivitamin untuk menghindari penyakit-penyakit ringan lainnya.
 
H20
Seberapa sering Anda mendengar bahwa Anda harus minum 8 gelas air putih setiap hari? Kebiasaan ini bagus untuk membersihkan sistem tubuh Anda, dan dibutuhkan untuk menjaga pencernaan dan membuat warna kulit cerah dan sehat.
 
Musuhi Kuman-kuman
Hindari berbagi gelas, piring dan alat makan dengan orang lain. Anda juga pastinya tergoda untuk berciuman dengan pacar Anda saat malam-malam di rumah, tapi saat dia mulai pilek, sebaiknya jangan terlalu dekat-dekat dengannya.
 
Hindari Ruangan Tertutup
Ruangan tertutup seperti kantor atau bis adalah sarangnya kuman. Anda tidak perlu berkeliling ruangan membawa kaca pembesar untuk mencari kuman, tapi jika Anda melihat orang lain batuk-batuk atau bersin, jangan dekat-dekat. Biasakan juga mencuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan.
 
Olahraga
Berolahraga sangat sehat bagi tubuh karena banyak hal. Dengan berolahraga rutin Anda bukan hanya melatih otot dan kekuatan, tetapi juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda seperti juara tinju kelas berat dunia.
 
Jauhkan Stres
Stres tidak pernah baik bagi kesehatan. Jika Anda tidur cukup dan berolahraga teratur, Anda akan mengurangi tingkat stres Anda.
 
Suntik Flu
Walaupun banyak obat-obat flu lain di toko, suntikan flu lebih efektif terutama bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh lemah.
 
Obat-obatan Alternatif & Herbal
Beberapa orang percaya obat-obatan alternatif seperti Echinacea atau Tolak Angin bisa mencegah flu, namun sebenarnya tak ada bukti ilmiah kalau itu sebenernya efektif. Jika Anda menggunakannya, konsumsilah pada saat terkena gejala awal flu. Obat-obatan seperti ini bukan untuk diminum setiap hari.
 
……What’s Up Doc?
Semua tips diatas adalah cara mudah untuk mencegah flu namun jika Anda tetap terserang, opsi terakhir adalah rumah sakit atau dokter terdekat. Ingat bahwa flu adalah penyakit yang pasti dialami setiap orang dari waktu ke waktu, dan tidak ada jaminan 100% Anda bisa mencegahnya.

No comments:

Post a Comment